Contoh Analisis PDB (Positioning, Differentiation dan Brand) Lifebouy


Materi PDB ( Positioning, Differentiation dan Brand)
hqdefault.jpg
1)      Positioning
Positioning artinya, bagaimana merek usaha/personal diposisikan dalam benak target pemasaran. Dengan tagline “Cukup Satu Tetes 10x Melindungi Dari Kuman” pada iklan tersebut sabun lifebuoy diposisikan dalam benak konsumen sebagai sabun kesehatan keluarga yang dapat melindungi kita dari kuman lebih mutahir dari produk lain.
2)      Differentiation
Menurut Kotler (2002:328), deferensiasi adalah tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing.
Dalam iklan tersebut sabun lifebuoy menawarkan produk sabun anti kuman beda dengan produk sejenis yang menawarkan produk sabun kecantikan, dan dalam iklan tersebut juga menggambarkan bahwa sabun lifebuoy bisa lebih hemat dibanding dengan produk yang sejenis karena cukup dengan satu tetes sabun dapat melindungi kita dari kuman.
3)      Brand
branding adalah experience (pengalaman) dan promise (janji) yang disajikan oleh merek/perusahaan/individu. Sabun Lifebuoy adalah produk dari Unilever sebagai sabun kesehatan keluarga yang dapat melindungi kita dari kuman.
·         Segmentasi
Dalam iklan tersebut Produk Sabun Lifebuoy disegmentasikan untuk semua keluarga indonesia yang ingin terlindungi dari kuman, sabun yang digunakan anggota keluarga untuk mencuci tangan sebelum makan, dan untuk membersih badan dari keringat dan kuman setelah anak-anak beraktifitas.
·         Target
Dalam iklan tersebut Produk sabun rinso adalah produk untuk semua anggota keluarga dari anak-anak sampai orang dewasa,.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Analisis Iklan Rinso

Analisis Konsep Pemasaran PT SINAR SOSRO