Contoh Analisis PDB (Positioning, Differentiation dan Brand) Lifebouy
Materi
PDB ( Positioning, Differentiation dan Brand)

1) Positioning
Positioning artinya, bagaimana merek usaha/personal
diposisikan dalam benak target pemasaran. Dengan tagline “Cukup Satu Tetes 10x
Melindungi Dari Kuman” pada iklan tersebut sabun lifebuoy diposisikan dalam
benak konsumen sebagai sabun kesehatan keluarga yang dapat melindungi kita dari
kuman lebih mutahir dari produk lain.
2) Differentiation
Menurut
Kotler (2002:328), deferensiasi adalah tindakan merancang serangkaian perbedaan
yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing.
Dalam
iklan tersebut sabun lifebuoy menawarkan produk sabun anti kuman beda dengan
produk sejenis yang menawarkan produk sabun kecantikan, dan dalam iklan
tersebut juga menggambarkan bahwa sabun lifebuoy bisa lebih hemat dibanding
dengan produk yang sejenis karena cukup dengan satu tetes sabun dapat
melindungi kita dari kuman.
3) Brand
branding adalah experience (pengalaman) dan promise (janji)
yang disajikan oleh merek/perusahaan/individu. Sabun Lifebuoy adalah produk
dari Unilever sebagai sabun kesehatan keluarga yang dapat melindungi kita dari
kuman.
·
Segmentasi
Dalam iklan tersebut Produk Sabun Lifebuoy disegmentasikan
untuk semua keluarga indonesia yang ingin terlindungi dari kuman, sabun yang
digunakan anggota keluarga untuk mencuci tangan sebelum makan, dan untuk
membersih badan dari keringat dan kuman setelah anak-anak beraktifitas.
·
Target
Dalam
iklan tersebut Produk sabun rinso adalah produk untuk semua anggota keluarga
dari anak-anak sampai orang dewasa,.
Comments
Post a Comment